Kamis, 05 Maret 2015

Penyertaan Tuhan




Nats: Matius 28:20
“dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Pendahuluan :
Janji ini merupakan jaminan Kristus bagi mereka yang terlibat dalam pengiringan hidup orang Kristen terhadap Tuhan dan mengajar mereka untuk menaati prinsip-prinsip-Nya yang benar.  
Yesus yang sudah bangkit dari kematian dan kini Dia hidup serta secara pribadi memperhatikan setiap anak-Nya.

Menyertai itu artinya_ mengiringi; membarengi: menemani; mengawani; mendampingi: ikut serta atau menemani untuk membantu atau menolong; ikut mengambil bagian dalam:

Apakah arti dari penyertaan Allah? Penyertaan Tuhan artinya Tuhan ada bersama-sama dengan kita hingga sekarang ini. Allah berjanji untuk senantiasa menyertai kehidupan kita sampai kapanpun, penyertaan Allah dapat kita temukan dalam bentuk :

1. Tuntunan-Nya

Tuhan berjanji akan menuntun umatNya senantiasa, artinya Tuhan akan selalu menyertai perjalanan hidup kita. Pertolongan dan berkat-berkat Tuhan tak pernah berhenti bagi kita, asalkan kita mau dituntun oleh Tuhan. Ketika kita membutuhkan pertolongan keluarga kita atau teman-teman kita seringkali mereka tidak dapat menolong kita. Pertolongan manusia memang terbatas tetapi pertolongan Tuhan tidak ada batasnya.

Mazmur 23:3, Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Yesaya 58:11, TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan.

2. Pemeliharan-Nya

Roma 8:28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah”.

Di dalam pemeliharaan-Nya, Allah mengarahkan setiap kita selaku hamba-Nya untuk senantiasa hidup sesuai dengan kehendak-Nya bagi kehidupan kita sementara melayani Dia dan melayani sesama atas nama-Nya (bd. Kisah 18:9-10; 23:11; 26:15-18; 27:22-24). Untuk mengalami pemeliharaan Allah di tengah-tengah penderitaan, kita harus senantiasa berseru kepada-Nya di dalam doa dan iman yang tekun. Melalui doa dan kepercayaan, kita mengalami damai sejahtera Allah (Filipi 4:6-7), kita menerima kekuatan dari Tuhan (Efesus 3:16; Filipi 4:13), dan kita menerima rahmat, kasih karunia, dan pertolongan Allah pada waktunya (Ibr 4:16).

3. Persedian-Nya

Beberapa mazmur menegaskan kebaikan Allah dalam menyediakan kebutuhan bagi makhluk-makhluk ciptaan-Nya (mis. Mazmur 104:1-35; 145:1-21). Yesus mengatakan dengan tegas bahwa Allah menyediakan kebutuhan burung- burung di udara dan bunga-bunga bakung di padang (Matius 6:26-30; 10:29). Pemeliharaan-Nya menyediakan bukan saja kebutuhan jasmaniah manusia, tetapi juga kebutuhan rohaninya (bd. Yohanes 3:16-17). Alkitab menyatakan bahwa Allah menunjukkan kasih dan perhatian khusus bagi umat-Nya, yang masing-masing pribadi dihargai-Nya (mis. Mazmur 91:1-16)

Paulus menulis dengan tegas kepada jemaat di Filipi, "Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus"  (Pilipi 4:19)
Menurut rasul Yohanes, Allah menginginkan agar umat-Nya "baik-baik dan sehat-sehat saja" dan beres segala sesuatunya  (3 Yohanes 1:3)

Yesus menyertai saudara di dalam diri Roh Kudus (Yohanes 14:16,26) dan melalui Firman-Nya (Yohanes 14:23). Bagaimanapun keadaan saudara -- lemah, miskin, rendah, tampaknya tidak penting -- Ia memperdulikan saudara, memperhatikan setiap pencobaan dan pergumulan yang saudara alami dalam kehidupan ini dan memberikan kasih karunia yang memadai (2 Korintus 12:9) serta menyertai dan menuntun saudara pulang ke rumah Bapa (Matius 18:20; Kisah 18:10). Inilah jawaban atas keselamatan orang Kristen terhadap semua bentuk ketakutan, keragu-raguan, kesulitan, sakit hati, dan keputusasaan.

Yohanes 14: 18 “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.