Senin, 06 April 2015

Belajar Menjadi Manusia

Mazmur 139:13 – 17
Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.
Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya. Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!

Menjadi Manusia  Itu Tidak Gampang.
Menjadi manusia memang bukan keinginan setiap orang.  Sebab seseorang tidak pernah bermimpi menjadi manusia. Tahu-tahu ia sudah dilahirkan dan kemudian bertumbuh dewasa. Bagaimana manusia belajar menjadi manusia tidaklah mudah.
Terlalu banyak nasihat dan ajaran yang berlatar belakang budaya dan agama memberi masukan untuk maksud tersebut.
Malah di sisi lain ada nasihat agar tidak mencari petunjuk dari luar diri tetapi bertanya pada diri sendiri. Namun, rasa-rasanya sangat aneh menanyakan bagaimana cara memakai radio dengan bertanya pada radio itu sendiri. Setidaknya kita harus bertanya pada siapa yang membuat radio tersebut. Persoalan justru bertambah rumit ketika hampir setiap orang memiliki asumsi yang berbeda tentang siapa yang menciptakan mereka. Malah tidak sedikit yang akhirnya berperang karena perbedaan-perbedaan tersebut.

Untuk bersikap obyektif rasa-rasanya tidaklah mungkin. Sebab keyakinan di dalam diri tidak pernah bersifat obyektif, begitu kata seorang pakar. Sehingga lagi-lagi kita akan kembali kepada keyakinan pribadi tetapi tidak menyerahkannya pada jawaban pribadi. Kita setuju dengan asumsi bahwa kita bertanya kenapa kita ada dan kenapa kita diciptakan bukan kepada diri sendiri tetapi kepada siapa yang menciptakan kita.
Dalam keyakinan saya, saya percaya bahwa belajar bagaimana menjadi manusia harus saya tanyakan kepada Sang Pencipta. Dan saya membaca Kitab Suci sebagai petunjuk-Nya untuk menjadi manusia bukan seperti yang saya inginkan tetapi yang seperti Pencipta saya inginkan.

Yang kemudian terlontar adalah bagaimana mungkin saya menjadi pribadi bukan seperti yang saya inginkan? Bukankah sulit menjadi pribadi seperti yang orang lain inginkan? Rupa-rupanya pertanyaan itu diajukan tanpa memahami bahwa Sang Pencipta bukan manusia yang tidak tahu apa-apa. Ketika Ia menciptakan saya dan anda, Ia sangat tahu bahwa menjadi seperti yang Ia inginkan adalah merupakan pencapaian kehidupan manusia yang sejati. Namun tidak sedikit pencapaian itu dikacaukan dengan nafsu, ambisi, kelemahan, dan keterbatasan manusia.

Pertanyaan mendasar bagi kita sekarang adalah apakah dapat disebut bahwa kita telah menjadi manusia karena kita mengikuti petunjuk-Nya dan kita tidak dapat disebut sebagai manusia saat kita menolak petunjuk-Nya?

Apakah karena kita berwujud dan memiliki eksistensi maka otomatis kita disebut manusia? Apakah karena kita diakui keberadaannya oleh sesama atau memiliki relasi dengan sesama maka kita dapat diakui sebagai manusia? Menjadi manusia itu persoalan filosofis religius atau eksistensial?

Saya berpikir maka saya ada - Cogito ergo sum?
Lalu bagaimana menjadi manusia yang seharusnya dan yang sebenarnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.